Contoh Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah

by - 12/08/2011 03:48:00 AM

Nah, berhubung saya baru belajar sistem peredaran darah, saya mau bagi-bagi ilmu nih tapi cuma bisa kasih contoh-contoh penyakitnya, lumayan banyak, diliat yuk :


A. Anemia
Anemia merupakan salah satu keadaan dari penderita yang kekurangan eritrosit terutama unsur hemoglobin. Kekurangan hemoglobin ini menyebabkan pemenuhan kebutuhan oksigen menuju jaringan menurun, sehingga mengganggu fungsi kerja sel.


B. Polisetemia
Polisetemia merupakan suatu keadaan kelebihan produksi eritrosit dalam tubuh seseorang. Gumpalan darah dapat menyebabkan kematian jaringan jika terjadi pada jantung, sehingga menyebabkan kematian pada penderita.


C. Leukimia ( Kanker Darah ) dan Agronulusitosis
Leukimia atau kanker darah merupakan suatu keadaan berupa kelebihan produksi leukosit. Leukimia disebabkan oleh keadaan sumsum tulang atau jaringan limfa yang abnormal sehingga produksi leukosit berlipat ganda. Kelebihan leukimia adalah agranulositosis, yakni kekurangan leukosit, akibatnya dtimbulkan adalah daya tahan tubuh terhadap penyakit menurun.


D. Hemofilia
 Hemofilia merupakan penyakit keturunan dengan gejala pendarahan yang sukar dihentikan.


E. Trombositopenia
Kelainan ini ditandai dengan sediktnya jumlah trombosit didalam sistem peredaran darah. Sebagai akibat kelainan ini timbul bintik-bintik pendarahan di seluruh jaringan tubuh. Kulit penderita menampakan bercak-bercak kecil berwarna ungu, sehingga penyakit itu disebut trombositopenia.


F. Hipertrofi
Hipertrofi merupakan suatu keadaan menebalnya otot-otot jantung sebagai akibat katup-katup jantung tidak berfungsi sehingga jantung bekerja ekstrak.


G. Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang di sebabkan oleh gangguan aliran darah pada pembuluh darah koroner.


H. Embolisme Koroner
Embolisme koroner merupakan suatu gangguang pada arteri koroner yang mengakibatkan pembuluh terisi oleh bekuan darah secara mendadak.


I. Fibrilasi Atrium
Fibrilasi atrium merupakan suatu kelainan pada jantung yang mengakibatkan atrium berdenyut cepat dan tidak beraturan. 


J. Varises
Varises merupakan suatu pelebaran pada pembuluh balik ( vena ) . Varises ini sering terjadi pada bagian bawah tubuh, seperti pembuluh darah pada kaki.


K. Flebitis
Flebitis merupakan suatu keadaan gangguan pada vena yaitu berupa radang vena. Flebitis dapat disebabkan oleh tukak atau abses diluar pembulu vena.


L. Hipertensi dan Hipotensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi jika tekanan darah sistole lebih besar dari 140 mm/Hg atau tekanan diastole lebih besar dari 99 mm/Hg. Hipertensi merupakan suatu keadaan yang ditandai dengan tekanan sistolik dan diastoliknya dibawah ukuran normal.


M. Hemorage
 Hemorage merupakan suatu kelainan berupa pendarahan arteri atau vena, baik pada bagian dalam atau bagian luar tubuh hemorage selalu berbahaya. 


OKE semoga postingan saya ini bermanfaat bagi anda . 

You May Also Like

0 comments