KEGUNAAN BENDA PEMUAS KEBUTUHAN PADA EKONOMI

by - 10/14/2011 06:03:00 AM


Benda pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan tertentu dapat digolongkan menjadi empat macam:
1) Kegunaan bentuk(form utility)
§   Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. Contoh: dari pohon kayu yang ada di hutan dirubah menjadi bentuk kursi, meja, lemari dan  kebutuhan lainnya.
2) Kegunaan tempat (place utility)
  • Artinya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.
3) Kegunaan waktu (time utility)
  • Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu  yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Contoh : Payung akan berguna jika digunakan pada saat terik matahari atau dalam keadaan cuaca sedang hujan.
4) Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
  • Artinya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat. Contoh : Alat suntik akan berguna jika dokter yang menggunakan dan sebuah dot akan berguna untuk anak yang masih kecil (bayi) untuk menyusui

You May Also Like

5 comments