New Media Dalam Dunia Pendidikan; Rosetta Stone TOTALe Pembelajaran Bahasa

by - 11/25/2014 08:48:00 AM

Apa sih new media?  
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.

Pandangan New Media
New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya. Termaksud New Media dalam dunia pendidikan, saat ini banyak dunia pendidikan yang sudah menggunakan pemanfaatan teknologi dengan media yang baru. Contohnya Rosetta Stone TOTALe.

Rosetta Stone TOTALe
Rosetta Stone adalah sebuah software pembelajaran bahasa melalui media komputer atau Computer Assisted Language Learning (CALL) yang di buat oleh Rosetta Stone Inc. Software ini menggunakan gambar, teks, suara dan video untuk mengajarkan kata-kata dan tata bahasa dengan waktu yang berulang dan tanpa penerjemah. Jadi walaupun kita sibuk tidak sempat untuk belajar bahasa ditempat kursus kita bisa belajar sendiri dengan menggunakan software ini dan dapat kita ulang jika memang belum mengerti dengan pembahasannya.


Saat ini Rosetta Stone TOTALe memiliki versi 4 yang kompatibel dengan semua sistem operasi komputer. Rosetta Stone menyediakan 34 kursus bahasa, yaitu: Arab(Standard Modern),  Cina(Mandarin),  Denmark, Dari, Belanda, English(American), English(British), Perancis(Paris), Jerman, Yunani, Ibrani, Hindi, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Korea, Latin, Pashto, Persia(Iran), Polandia, Portugis(Brasil), Rusia, Spanyol(Amerika Latin), Spanyol(Spain), Swahili, Swedia, Tagalog, Thailand, Turki, Urdu, Vietnam, Welsh.


Software ini dalam bentuk CD, setiap bahasa ditempatkan di dalam CD yang berbeda. Dalam setiap bahasa memiliki level pembelajaran juga setiap level memiliki unit pembelajaran, kita dapat mengulangi kursus yang ada dan jika kita belum menyelesaikan kursus yang dibuka kita tidak bisa loncat langsung ke-unit yang selanjutnya jadi harus bertahap. Cara pembelajaran software ini pengucapan, menulis, kosakata, grammar, listening, reading, speaking atau milestone(adalah latihan dimana kita menerapkan apa yang dipelajari didalam unit).

Gambarannya seperti ini, software menunjukkan empat foto. Seorang pembicara membuat pernyataan yang menggambarkan salah satu foto dan pernyataan yang dicetak pada layar lalu kita harus mengikuti apa yang dijelaskan oleh pembicara atau kita harus mendeskripsikan foto tersebut.

Pelajaran grammar meliputi grammatical tense dan grammatical mood. Dalam pelajaran tata bahasa, program pertama menunjukkan pelajar beberapa contoh konsep tata bahasa tersebut dan dalam beberapa tingkatan kata atau kata-kata pelajar harus fokus pada yang disorot. Maka kita diberikan kalimat dengan beberapa pilihan untuk kata atau frasa lalu kita memilih pilihan yang benar.

Ada juga pembelajaran speaking dengan menggunakan microphone yang ada didalam perangkat kita. Pembelajaran untuk menulis disediakan emulator keyboard untuk mengetikkan jawaban. Setiap pembelajaran diakhiri dengan peninjauan konten dalam pelajaran itu, dan masing-masing unit ditutup dengan tonggak yang merupakan percakapan simulasi yang mencakup isi dari unit.

Kelebihan Rosetta Stone TOTALe
Software ini sangat membantu dalam belajar bahasa karena didukung dengan adanya gambar, video, suara, alat input seperti microphone dan emulator keyboard. Sudah kompatibel dengan semua sistem operasi komputer. Banyak bahasa yang ditawarkan untuk pembelajaran. Aplikasinya dalam bentuk offline sehingga tidak memerlukan jaringan internet untuk belajar bahasa.

Kekurangan Rosetta Stone TOTALe
Software Rosetta Stone TOTALe yang masih mahal. Menghabiskan banyaknya memory untuk menginstal satu bahasa saja karena setiap bahasa memiliki level-level nya sendiri. Penginstalan software yang masih agak sulit untuk diterapkannya. Tidak ada penerjemah.

Harapan Yang Akan Datang
Supaya diterapkan lebih banyak lagi bahasa yang ditawarkan dalam pembelajaran. Lebih di efesiensikan dalam penggunaan memory. Lebih dimudahkan dalam melakukan penginstalan, lebih sensitif dalam penilain agar benar-benar tahu kemampuan kita yang sebenarnya.

You May Also Like

0 comments