PENGANTAR WEB SCIENCE; WEB DI BIDANG EKONOMI

by - 4/26/2015 10:22:00 AM

Perekonomian di masa kini yang sedang berkembang adalah perekonomian di dalam dunia maya contohnya berbentuk website karena segala aktifitas di dunia ini tidak pernah terlepas dengan teknologi khususnya di dunia maya,Salah satu faktor yang mendukung perkembangan ekomoni menjadi ekonomi digital, dimana proses dan pengunaannya sudah menggunakan jaringan internet. Dalam tahun ke tahun banyak sekali terlihat kemajuan inovasui terutama pada teknologi informasi dan telekomunikasi, sehingga pada akhirnya berdampak pula pada bisnis serta ekonomi dalam masyarakat, sebagai bentuk perkembangannya yang dilandaskan oleh IPTEK, ekonomi inovasi, ekonomi baru, ekonomi online, serta ekonomi digital. 

Dalam penulisan ini penulis ingin menjelaskan tetang contoh-contoh perekonomian digital
1. Iklan
2. Penjualan online
3. Lelang online (E-Auction)

IKLAN

Iklan online adalah media iklan paling cepat berkembang dalam sejarah. Sekarang, seolah hari-hari kita tidak terlepas dari hinggapan iklan online, walaupun kita terkadang tidak menyadari keberadaan iklan tersebut. Seperti iklan yang ada pada tampilan facebook di komputer yang ada di samping kanan, terkadang kita benar-benar tidak menyadari jika facebook menyisipkan iklan di tempat tersebut.
Iklan-iklan yang tampil dengan warna-warni yang menonjol maupun iklan pop-up banner yang mengganggu banyak di benci orang, iklan banner flash kotak juga terkadang dibenci orang, karena membuat loading website menjadi lambat, terutama bagi mereka yang memiliki konektifitas internet lambat.
Definisi Iklan - menurut Frank Jefkins (1997)  iklan adalah pesan yang diarahkan untuk membujuk orang untuk membeli.  Definisi standar dari periklanan  biasanya mengandung enam elemen :
1. Periklanan adalah bentuk komunikasi yang dibayar, walaupun beberapa bentuk periklanan seperti iklan layanan masyarakat, biasanya menggunakan ruang khusus yang gratis.
2. Selain pesan yang harus disampaikan harus dibayar, dalam iklan juga terjadi proses identifikasi sponsor. Iklan bukan hanya menampilkan pesan mengenai kehebatan produk yang ditawarkan, tapi juga sekaligus menyampaikan pesan agar konsumen sadar mengenai perusahaan yang memproduksi produk yang ditawarkan.
3. Upaya membujuk dan mempengaruhi konsumen.
4. Periklanan memerlukan elemen media massa sebagai media penyampai pesan  kepada audiens sasaran.
5. Periklanan mempunyai sifat bukan pribadi
6. Periklanan adalah audiens. Dalam iklan harus jelas ditentukan kelompok konsumen yang jadi sasaran pesan.   
    
Secara sederhana iklan didefinisikan sebagai ”Pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat media”. Pada dasarnya, satu-satunya tujuan periklanan adalah menjual suatu produk, jasa atau ide atau tujuan sebenarnya adalah komunikasi yang efektif, yakni dimana efek akhir periklanan adalah mengubah sikap atau perilaku penerima pesan.

Iklan sebaiknya dirancang untuk mencapai sasaran spesifik dari perusahaan, walaupun tujuan akhir dari program periklanan adalah untuk mendorong terjadi keputusan pembelian oleh konsumen. Sasaran periklanan  bisa  ditentukan berdasarkan klarifikasi apakah tujuan periklanan bermaksud menginformasikan, membujuk atau mengingatkan saja.
1. Iklan informatif.  Ini berarti perusahaan harus merancang iklan sedemikian rupa agar hal-hal penting mengenai produk bisa disampaikan dalam pesan iklan. Iklan yang menonjolkan aspek manfaat produk biasanya dikategorikan sebagai iklan yang bersifat informatif.
2. Iklan membujuk. Periklanan ini biasanya membujuk konsumen dan berperan penting bagi perusahaan dengan tingkat persaingan tinggi. Dimana Perusahaan mencoba menyakinkan konsumen bahwa merek yang ditawarkan adalah pilihan yang tepat. Iklan yang membujuk  biasanya dituangkan dalam pesan-pesan iklan perbandingan. Perusahaan berusaha membandingkan kelebihan produk yang ditawarkan dengan produk lain yang sejenis.
3. Iklan mengingatkan. Biasanya iklan mengingat digunakan untuk mengingatkan produk-produk yang sudah mapan. Banyak produk-produk yang dulu mapan dan menguasai pasar kini hilang karena tidak adanya iklan yang bersifat mengingatkan.

Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh produsen kepada khalayak ramai. Iklan menjangkau berbagai daerah yang sulit dijangkau secara fisik oleh produsen melalui siaran televisi atau radio. Sekalipun memerlukan biaya yang secara nominal besar sekali jumlahnya, bagi produsen yang dapat memanfaatkan kreativitas dalam dunia iklan, strategi iklan yang tepat menjadi murah.
Adapun daya tarik Iklan tersebut seperti di bawah ini:
1. Daya tarik pesan iklan rasional
Ada beberapa tipe pesan untuk menimbulkan daya tarik rasional, sehingga mendapat perhatian dari konsumen. Berikut beberapa tipe daya tarik iklan rasional :
1.1 Faktual. Tipe ini umumnya berhubungan dengan pengambilan keputusan high involvement yaitu penerima pesan dimotivasi untuk dapat memproses informasi  yang menampilkan sisi manfaat produk dan keunggulan produk sekaligus menampilkan argumentasi yang  masuk akal, termasuk ke dalam tipe daya tarik faktual.
1.2 Potongan kehidupan (Slice of life). Pesan iklan menampilkan potongan kehidupan yang banyak ditampilkan di televisi. Penonton disuguhkan ke dalam bentuk kehidupan sehari-hari. Misalnya iklan ibu-ibu dalam mencuci pakaian. Produk deterjen ini menampilkan bagaimana aktivitas ibu-ibu masalah dalam mencuci. Pengaruh iklan ini ingin agar supaya terjadi proses peniruan perilaku dari penonton.
1.3 Demonstrasi. Pesan iklan yang ditampilkan menggambarkan kemampuan produk secara instrumental yang mampu menyelesaikan masalah seperti iklan obat sakit kepala, pembersih lantai penghilang ketombe yang merupakan teknik demostrasi dalam menampilkan pesan iklannya.
1.4 Iklan perbandingan. Iklan yang berusaha membandingkan keunggulan produk yang ditawarkan dengan produk lain sejenis. Perusahaan berusaha meyakinkan konsumen produk yang ditawarkan lebih baik dari yang lain.

2. Daya tarik didasarkan perasaan dan emosi
Penggunaan daya tarik perasaan dan emosi banyak digunakan untuk produk mewah (mobil, lukisan, pakaian dll.) maupun produk yang cukup murah (kopi, pasta gigi, air mineral dll). Berikut ini pesan iklan dengan daya tarik perasaan dan emosi :
2.1 Rasa takut. Iklan rasa takut biasa menampilkan aspek-aspek negatif atau hal-hal yang berbahaya yang berhubungan dengan perilaku atau penggunaan produk yang tidak tepat. Contoh iklan rasa takut,  Produk pasta gigi menampilkan pesan iklan yang  menakut-nakuti konsumen seperti gigi akan keropos dan rusak jika tidak dipelihara dengan menggunakan pasta gigi yang tepat.
2.2 Humor. Merupakan daya tarik emosional karena dapat menarik perhatian dan dapat menimbulkan daya tarik. Alasan menggunakan humor karena humor dapat membuat penerima pesan memperoleh mood positif, maka probabilitas penerimaan pesan secara baik dan akan lebih besar. Lain halnya dalam keadaan buruk (bad mood),  penonton cenderung tidak akan memperhatikan iklan tersebut.
2.3 Animasi. Animasi banyak digunakan untuk produk-produk yang konsumennya anak-anak. Pengunaan animasi untuk iklan sarapan pagi, coklat, susu, permen dan makanan lain. Alasan penggunaan animasi adalah untuk menghindari rasa bosan dari konsumen, dengan animasi yang direkayasa guna menarik perhatian penonton.
2.4 Seks. Banyak iklan yang menggunakan tema iklan seks sebagai daya tarik iklan diprotes oleh masyarakat dan kontroversial. Penggunaan tema seks memang sangat ampuh untuk menarik perhatian penonton, bahkan untuk produk yang tidak berhubungan dengan seks. Seperti iklan dengan kalimat ”Ini kacangku”.
2.5 Musik. Penggunaan musik sebagai daya tarik iklan karena musik akan menimbulkan kharisma, wibawa dan kesan tersendiri bagi produk yang iklankan.
2.6 Fantasi. Penggunaan fantasi diyakini bisa menimbulkan perhatian dari penonoton. Produk makanan kecil untuk anak-anak sering menggunakan fantasi.

3. Perencanaan media
Pemilihan media iklan dalam menyampai pesan memegang peranan penting dalam proses komunikasi. Tanpa media, pesan tidak akan sampai kepada kelompok konsumen yang kita inginkan. Oleh karena itu, memilih media yang tepat akan sangat menentukan apakah pesan yang ingin disampaikan kepada kelompok sasaran akan sampai atau tidak. 

Pertama, perusahaan  harus menentukan siapa target konsumen yang akan dituju. Target konsumen bisa dikelompok berdasarkan kelompok demografis seperti umur, pendidikan, pendapatan, jumlah keluarga dll. Kedua,  perusahaan perlu melihat kapan iklan ditayangkan atau disampaikan kepada target konsumen. Setiap perbedaan waktu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Diperlukan tiga tahap pengambilan keputusan mengenai pemilihan media dalam beriklan :
3.1 Pimpinan harus menetapkan jenis-jenis umum media yang akan digunakan, haruskah digunakan surat kabar, televisi atau majalah.
3.2 Jika majalah yang dipilih majalah, apakah yang harus digunakan jenis bidang khusus (umpamanya majalah mengenai keluarga atau majalah umum).
3.3 Penentuan media harus ditetapkan.


        PENJUALAN ONLINE

Belakangan ini sepertinya teknologi kita jauh semakin canggih dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Perkembangan teknologi ini membawa banyak perubahan dalam gaya hidup kita, misalnya yang paling terlihat adalah pada gadget dan kecenderungan beraktivitas di dunia maya. Internet memiliki peran penting bagi kita untuk mengenalkan kita kepada dunia maya.

Melalui internet, kita banyak mengenal berbagai hal, mulai dari jejaring sosial, aplikasi, berita, video, foto hingga berbelanja melalui internet. Istilah tempat berbelanja melalui internet disebut juga sebagai online shop. Online shop membuat semakin mudah berbelanja tanpa menghabiskan waktu dan tenaga. Karena kemudahan inilah membuat online shop semakin diminati.
Pada awalnya, online shop merupakan salah satu bentuk kegiatan meliputi jual beli dan marketing barang atau jasa melalui sistem elektronik. Pembayaran dilakukan dengan sistem pembayaran yang telah ditentukan dan barang akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang.

Pertama kali, perdagangan melalui sistem elekronik mulai dilakukan pada tahun 1994. Kegiatan ini bermula semenjak digunakannya banner di halaman-halaman website. Tak lama kemudian, sekitar tahun 2000, kegiatan promosi dan penjualan seperti ini memperlihatkan hasil yang luar biasa. Sehingga banyak perusahaan yang ikut memasang bannernya di internet.

Jika kita ingin sukses dalam bisnis apapun, termasuk online shop, kita harus siapkan beberapa hal. Yang pertama adalah kemampuan mengelola yang baik, kemudian jasa dan barang yang kita tawarkan harus tepat waktu, pelayanan kita terhadap siapapun harus baik dan ramah. Termasuk penyediaan informasi yang jelas.


LELANG ONLINE (E-AUCTION)

Lelang adalah: “Penjualan Umum”, yaitu pelelangan atau penjualan barang-barang yang dilakukan kepada umum dengan harga penawaran yang meningkat atau menurun atau dengan pemasukan harga dalam sampul tertutup, atau kepada orang-orang yang diundang atau sebelumnya diberitahu mengenai pelelangan atau penjualan itu, atau diijinkan untuk ikut serta dan diberi kesempatan untuk menawar harga, menyetujui harga yang ditawarkan atau memasukkan harga dalam sampul tertutup[2]. Sedangkan lelang online adalah transaksi berbasis Web yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual produk serta layanan tertentu melalui proses tawar menawar. Atau dapat diartikan juga sebagai action berasal dari bahasa inggris yang berarti lelang, pelelangan, melelang. Sementara  e merupakan singkatan dari elektronik, artinya adalah secara online melalui internet. 

Jadi, E-Auction adalah sistem lelang yang dilakukan secara online melalui media internet. Lelang pada umumnya adalah suatu sarana untuk mempertemukan penjual dan pembeli dengan tujuan menentukan harga yang wajar bagi suatu barang. Namun, Seiring dengan penggunaan media Internet yang semakin luas dalam bidang perdagangan, mekanisme lelang kini dapat dilakukan dengan menggunakan media internet. Maka dari itu muncul lah E-Auction, pelelangan secara elektronik.

Lelang secara online pertama kali melakukan aktivitas berbasis web komersial dengan penjualan yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu perusahaan Onsale. Pada bulan September dengan tahun yang sama eBay juga mulai melakukan perdagangan. Kedua perusahaan menggunakan sistem penawaran naik atau sistem pelelangan Inggris dan mereka adalah perusahaan yang pertama untuk mengambil keuntungan dari peluang teknologi terbaru. Web menawarkan keunggulan baru seperti penggunaan tawaran otomatis melalui formulir elektronik, mesin pencari(search engine) untuk dapat dengan cepat menemukan item yang diinginkan dan kemampuan untuk memungkinkan pengguna untuk melihat item menurut kategori. Lelang online telah sangat meningkatkan berbagai barang dan jasa yang dapat dibeli dan dijual dengan menggunakan mekanisme lelang bersama dengan memperluas kemungkinan cara lelang yang dapat dilakukan dan secara umum membuat penggunaan baru untuk lelang. Dalam lingkungan web saat ini ada ratusan, jika tidak ribuan, situs yang didedikasikan melakukan praktik lelang online.
Jenis-jenis E-Auction:
1. Lelang standar
English Auction merupakan lelang online dimana tawaran yang diumumkan oleh salah satu juru lelang atau oleh peserta tender dan pemenang akan membayar apa yang mereka ajukan untuk menerima objek. English Auction diklaim sebagai bentuk paling umum dari semuanya karena format on-line lelang yang digunakan dan dianggap sebagai yang paling sederhana dari semua bentuk.
2. Proxy Bidding Auction
Merupakan sebuah pelelangan penawaran biaya
3. Reverse Auction
Lelang terbalik atau reverse auction adalah lelang dimana peran pembeli dan penjual yang terbalik. Beberapa penjual bersaing untuk mendapatkan bisnis pembeli dan harga biasanya menurun dari waktu ke waktu sebagai penawaran baru yang dibuat. Mereka tidak mengikuti format lelang khas dimana pembeli dapat melihat semua penawaran dan dapat memilih yang mereka inginkan. Lelang terbalik digunakan terutama dalam konteks bisnis untuk pengadaan barang.
4. Dutch Auction
Dutch Auction adalah kebalikan dari English Auction dimana harganya dari yang tinggi dan secara sistematis akan diturunkan sampai pembeli menerima harga.
5. First-price sealed-bid
First-price sealed-bid adalah ketika tawaran tunggal dibuat oleh semua pihak penawaran dan yang menang adalah penawar tunggal tertinggi, dan membayar denagn apa yang mereka ajukan.
6. Vickrey Auction
Lelang ini hampir mirip dengan  First-price sealed-bid hanya saja pemenang membayar dengan sebesar jumlah yang ditawarkan penawar tertinggi kedua.


Anda yang setiap hari berselancar pada dunia maya, tentu tidak asing dengan nama-nama besar beberapa pengelola situs lelang online. Nama-nama itu antara lain adalah: 
1. eBay
Beralamatkan pada ebay.com. eBay mungkin merupakan situs lelang online yang paling dikenal hingga saat ini, di mana jutaan barang tersedia pada situs eBay. eBay merupakan salah satu contoh situs lelang online yang berfungsi sebagai perantara, mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam suatu wadah. Pada eBay, penjual mengatur minimal harga penawaran yang dapat dilakukan oleh penawar. Misalkan Anda memiliki cangkir kuno dan ingin melelangnya di eBay, Anda harus menentukan harga minimal yang Anda inginkan dari menjual cangkir kuno tersebut. Kenaikan penawaran (bidding increment) ditentukan oleh eBay berdasarkan perhitungan dari harga penawaran tertinggi yang ditampilkan saat itu. 

Sebagai contoh, jika harga penawarn tertinggi suatu item saat ini adalah US$0.99 atau kurang, maka kenaikan penawaran adalah sebesar US$0.05, saat harga penawaran berada pada range US$1 hingga US$4.99, maka kenaikan penawaran adalah sebesar US$0.25.

Tentunya masih banyak kebijakan eBay dalam menjalankan sistem lelang online-nya, yang ternyata tidak semudah ide awalnya yang hanya menjual barang kepada penawar tertinggi. Peraturan tetap harus ditetapkan berkaitan dengan kondisi yang dapat terjadi. Misalnya bagaimana jika terjadi penarikan penawaran, terdapat oknum-oknum yang sengaja berusaha mengendalikan harga, ataupun aspek-aspek lainnya. Dari manakah eBay memperoleh keuntungan? Tidak lain dan tidak bukan adalah dari biaya-biaya yang dikenakan, misalnya biaya untuk menampilkan produk atau biaya saat sebuah produk terjual. Beberapa item unik pada situs eBay, antara lain adalah air yang terjual seharga US$455. Apakah yang istimewa dari air tersebut? Ternyata air tersebut adalah air yang tersisa dari cangkir milik Elvis Presley. Sebuah negara seperti New Zealand, juga pernah dilelang oleh seseorang dengan harga awal $0,1 AUD dan naik hingga US$3.000 sebelum eBay menutup lelang tersebut. Rambut Britney Spears yang diperoleh dari sebuah salon di Los Angeles juga pernah terdaftar pada eBay dengan harga US$1 juta dan akhirnya dicabut dari daftar setelah menimbulkan kontroversi. 

2. eBid
eBid yang beralamatkan pada ebid.net, beroperasi pada sepuluh negara dan menggunakan sistem pembayaran online tersendiri, yaitu PPPay. eBid tidak mengenakan biaya untuk mendaftarkan item produk yang ingin dilelang, kecuali jika produk tersebut telah terjual. Salah satu fasilitas eBid adalah mengadakan Happy Hour Auction, di mana berlangsung dari jam 6:00 PM hingga 10:00 PM setiap harinya dan dibatasi sebanyak 20 pelelangan. Juga terdapat 60 Minute Auction, di mana pelelangan berlangsung dari jam ke jam dan dibatasi sebanyak tiga pelelangan setiap jamnya. 

3. Bidorbuy 
Bidorbay (baca: Bid or Buy) yang beralamatkan pada bidorbuy.co.za merupakan lelang online terbesar di Afrika Selatan. Seperti juga eBay dan eBid, Bidorbuy merupakan salah satu perusahaan yang mampu bertahan setelah era dot com melewati masa emasnya. Masih banyak lagi nama lainnya, termasuk karya-karya anak bangsa Indonesia, di antaranya seperti lelang.com atau amboi.com. Bahkan terdapat perusahaanperusahaan besar yang awalnya tidak beroperasi pada bisnis ini ikut melakukan ekspansi dengan menambahkan fitur lelang. Contohnya adalah Yahoo! Inc (yahoo. com) yang tentunya Anda kenal sebagai search engine dan penyedia layanan e-mail, atau Amazon.com Inc (amazon.com) yang awalnya dikenal sebagai toko buku online. Baik Yahoo! dan Amazon kini juga memiliki fitur lelang.

Kelebihan E-Auction:
1. Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
2. Jumlah penawar dan penjual yang besar
3. Effisiensi, tidak diperlukan invenstasi khusus untuk menyelenggarakan e auction di suatu perusahaan.
4. Implementasi mudah dan cepat
5. Mudah digunakan, layanan mencakup lokal dan seluruh dunia

Kekurangan E-Auction:
1. Sering terjadi kegagalan proses up load penawaran pada paket lelang,
2. Penawaran tidak sesuai syarat (underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
3. Penanggung-jawab dari system online tidak jelas dan
4. Security system terkait kerahasiaan data penawaran juga tidak jelas.

You May Also Like

0 comments