Pemanfaatan Teknologi Internet Pertama Kali

by - 10/05/2014 06:36:00 PM

Pengalaman pertama kali saya menggunakan pemanfaatan teknologi internet ketika dimulainya tahun ajaran baru 2007/2008 yaitu kelas 7 SMP. Dikelas 7 saya diberikan tugas menggambar batik menggunakan cat air, guru kesenian saya memberi perintah untuk mencari di internet gambar batik yang ingin dijadikan tugas menggambar. Awalnya saya tidak mengerti apa itu internet, bagaimana cara menggunakannya, digunakan untuk apa saja.

Sepulangnya dari sekolah saya bersama teman saya pergi ke warnet (warung internet) untuk mencari tugas yang diberikan kepada guru kami. Saya dan teman saya bingung harus dari mana kami memulainya, lalu kami bertanya kepada yang berjaga warnet saat itu dan kami diajari dengan penjaga warnet bagaimana cara menggunakan internet itu dan bagaimana cara menggunakan search engine google.

Mulai dari situlah saya memanfaatkan teknologi internet, karena dari pembelajaran di sekolah yang mengharuskan saya mencari sebuah tugas jadi saya bisa merasakan penggunaan internet. Hari ke hari saya mulai sering ke warnet untuk mencari tugas lebih seringnya tapi tidak hanya mencari tugas, saya sudah mulai mengenal sosial media seperti friendster yang sangat booming dikalangan masyarakat saat itu. Yap, saya jadi bisa memiliki banyak teman melalui sosial media tersebut, menjadi lebih kreatif karena di friendster ada future untuk membuat animasi tulisan berjalan yang kita rancang sendiri.

Lalu saya mulai bermain game melalui internet, sebelumnya saya bermain game hanya offline yang tidak membutuhkan jaringan internet. Karena saya sudah mulai mengenal internet jadi saya mencoba untuk bermain game secara online, situs game pertama yang suka saya mainkan yaitu gamesgames.com. Saya bisa menghabiskan berjam-jam diwarnet hanya untuk ber-media sosial dan untuk bermain game.

Mulai adanya facebook, saya membuat akun facebook ketika kelas 8 SMP. Awalnya saya tidak mengerti bagaimana cara mengaktifkan akun facebook, lalu saya diajarkan oleh teman saya bagaimana cara membuatnya yang ketika itu sangat rumit langkahnya tapi mungkin membuat facebook sudah sangat mudah sekali karena sudah banyak yang mengetahui caranya. Facebook ini mirip dengan friendster tetapi tidak sama, lebih mudah facebook cara penggunaannya dibandingkan dengan friendster walaupun cara pembuatannya agak lebih sulit facebook dibandingkan dengan friendster karena harus memiliki akun e-mail terlebih dahulu sebelum kita membuat akun facebook. Ini awal cerita saya juga memiliki akun Yahoo, saya membuat facebook dengan membuat akun e-mail terlebih dahulu di www.yahoo.com.

Saat itu saya meminta untuk di fasilitasi oleh orangtua saya dengan internet di rumah agar saya tidak perlu ke warnet lagi untuk mencari tugas, sebenarnya tidak hanya untuk mencari tugas. Yeay orangtua saya menyetujuinya untuk memberikan fasilitas internet dirumah. Sehingga saya lebih mudah untuk memanfaatkan penggunaan internet. Akhirnya saya bisa lebih sering memanfaatkan internet untuk segala hal terutama tugas.


Internet sangat berguna sekali di era zaman modern seperti saat ini. Penggunaannya pun tidak sulit. Dan internet tidak hanya untuk bersosial media seperti yang sekarang ini kebanyakan masyarakat menggunakan internet untuk bersosial media, padahal banyak sekali kegunaannya jika kita mau untuk mengexplore lebih dalam lagi tentang internet. Tentunya untuk anak-anak sebaiknya masih didalam dampingan orangtua masih banyak sekali kejahatan yang di lakukan di dalam internet, walaupun dengan begitu bukan berarti internet merupakan sesuatu hal yang negatif, semua itu sesuai dengan diri kita sendiri dalam pemanfaatan internet tersebut. Seperti saya, saya sangat merasakan sekali kemudahan menggunakan internet ini, kalau tidak ada internet sulit sekali menemukan permasalahan-permasalahan yang ada dan mungkin kita akan kembali lagi seperti zaman dahulu kala. Sekarang dengan semakin berkembangnya teknologi internet di Indonesia, kita menjadi lebih mudah untuk mencari tugas, mencari informasi, bersosial media, dan lain-lainnya.

You May Also Like

0 comments