Sistem CAT Online

by - 10/15/2014 06:00:00 AM

Bagi pelamar CPNS 2014 saat ini tidak akan di lakukan tes secara tertulis lagi, sekarang selesksi CPNS akan menggunakan sistem CAT Online. Apa sih sistem CAT itu? CAT itu merupakan singkatan dari Computer Assisted Test yaitu tes untuk menseleksi calon CPNS secara online dengan menggunakan komputer. Jadi ketika tes tidak lagi memerlukan alat-alat tulis untuk mengerjakan soal, tetapi akan disediakan komputer dari setiap instansi yang membuka lowongan CPNS.


CAT ini merupakan new media yang berada di Indonesia, saya sebut ini sebagai new media karena dulu ketika kita ingin mengikuti tes selesksi penerimaan CPNS belum menggunakan yang namanya komputer, masih mengerjakan soal secara manual menggunakan papan, pensil, penghapus, LJK, dan sistem manual seperti ini akan menimbulkan banyak sekali kecurangan-kecurangan yang terjadi seperti contekan, calo-calo yang nakal menawarkan berbagai jenis jawaban. Maka pemerintah Indonesia meminimalisir terjadinya kecurangan-kecurangan dalam seleksi penerimaan CPNS dengan mengadakan sistem CAT, yang mana tujuan dan dampak yang di harapkan dari panitia seleksi CPNS 2014 adalah sebagai berikut :
1.       Tujuan Reformasi Sistem Seleksi CPNS:
a.       Memperoleh CPNS yang profesional, jujur, bertanggung jawab, netral, yaitu memiliki ciri-ciri:
1)      Memiliki karakteristik pribadi selaku penyelenggara pelayanan kepada masyarakat
2)      Mampu berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
3)      Memiliki intelegensia yang tinggi untuk dapat mengembangkan kapasitas kinerja organisasi pemerintah
4)      Memiliki keterampilan, keahlian dan perilaku (kompetensi)  sesuai dengan tuntutan jabatan
b.      Mewujudkan sistem seleksi CPNS yang bersih, obyektif transparan, kompetitif dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya.
2.       Dampak Yang Diharapkan:
a.       Memperoleh putra-putri terbaik bangsa yang kompeten menjadi CPNS;
b.      Selesksi CPNS yang kompetitif dan berbasis kompetensi sebagai landasan dasar pembentukan profesionalisme PNS dan pembentukan birokrasi yang modern menuju birokrasi kelas dunia;
c.       Mengembalikan kepercayaan masyarakat, khususnya generasi muda bahwa untuk menjadi CPNS harus bertumpu pada kemampuan diri sendiri.

Perkembangan teknologi yang ada di Indonesia pun sekarang sudah banyak sekali seperti contohnya sistem CAT ini. Cara penggunaan CAT pun sangat mudah semua orang pasti akan mengerti untuk mengerjakannya, jika ingin memulai dengan mengisi soal kita pertama kali harus login terlebih dahulu dengan menggunakan NIK dan No. Pendaftaran yang kita miliki, halaman berikutnya di dalam CAT akan menampilkan bobot-bobot soal maksimal yang diperoleh, halaman selanjutnya barulah muncul soal-soal yang disediakan yang harus kita kerjakan dan terakhir jika sudah selesai mengerjakan soal-soal tersebut akan diadakan kuisioner dalam pengerjaan CAT. Dengan begitu nilai akan langsung saat itu juga keluar sehingga kita bisa mengetahui kemampuan kita mengerjakan soal.

You May Also Like

0 comments